Mengenai Artroskopi (operasi teropong sendi)

Artroskopi berasal dari kata arthros yang berarti sendi dan scopy yang berarti melihat. 

Artroskopi adalah tindakan melihat bagian dalam sendi menggunakan kamera dengan lensa fiber optik melalui sayatan kulit yang sangat kecil.

 Tindakan artroskopi dilakukan untuk:

  1. melihat dan mengetahui kelainan dalam sendi secara langsung (diagnostik)
  2. untuk melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengobati suatu kelainan sendi (terapeutik).

Artroskopi merupakan tindakan dengan melakukan sayatan kecil pada kulit sehingga luka operasi menjadi minimal dan cepat sembuh. Beberapa tindakan operasi dengan sayatan besar pada lutut sekarang ini telah banyak digantikan dengan tindakan artroskopi. 

Artroskopi dapat dilakukan pada beberapa sendi antara lain: bahu, pergelangan tangan, panggul, lutut dan pergelangan kaki.

Tindakan ini relatif aman bagi pasien termasuk mereka yang telah memasuki usia senja.

Pasien tetap sadar selama artroskopi dilakukan karena pembiusan dilakukan secara spinal (blok saraf  tulang belakang) atau bahkan dapat dengan hanya memberikan suntikan lokal pada kulit di sekitar sendi.

Pasien bahkan dapat melihat di layar monitor televisi keadaan sendinya dan tindakan yang dilakukan oleh dokter di dalam sendinya.

Tindakan artroskopi menggunakan sistem kamera dengan lensa fiber optik dengan sumber cahaya untuk melihat isi dari sendi dan ditampilkan lewat layar monitor televisi. Instrumen lain digunakan untuk melakukan tindakan tertentu misalnya gunting kecil, penjepit jaringan dan alat pemotong elektrik (shaver).

penyakit/kelainan sendi yang dapat dilakukan tindakan secara artroskopi:

 PENGAPURAN SENDI (OSTEOARTRITIS)

Tindakan yang dapat dilakukan dengan artroskopi adalah shaving atau membuang jaringan tulang rawan rusak, menisektomi atau membuang meniskus yang robek atau rusak yang tak dapat diperbaiki, mengambil pengapuran yang lepas (loose bodies) atau tindakan untuk mencoba menumbuhkan kembali tulang rawan sendi yang rusak.

CEDERA SENDI YANG MENGAKIBATKAN PUTUS/ROBEKAN PADA PENGIKAT-PENGIKAT SENDI DAN URAT DARI OTOT

Pengikat-pengikat sendi (ligamen) atau urat otot (tendon) dapat robek atau putus saat sendi mengalami cidera misalnya akibat cidera olahraga, terjatuh atau akibat kecelakaan lalulintas. Tindakan yang dapat dilakukan secara artroskopi adalah melakukan perbaikan pada tendon yang robek atau melakukan mengganti pengikat yang telah putus dengan tendon yang diambil dari tempat lain (rekonstruksi), misalnya tindakan pada kasus robekan rotator cuff sendi bahu atau melakukan rekonstruksi ligamen pada lutut (anterior cruciate ligament/ACL  dan posterior cruciate ligament/PCL).

ROBEKAN PADA BANTALAN SENDI BAHU ATAU LUTUT

Bantalan sendi bahu (labrum glenoid) dan bantalan sendi lutut (meniskus) seringkali mengalami robekan pada saat cidera pada sendi. Kerusakan pada bantalan ini dapat juga terjadi akibat proses penuaan atau degeneratif. Tindakan artroskopi dapat dilakukan untuk menjahit kembali labrum glenoid yang robek atau lepas dari dasarnya. Meniskus yang robek dapat dijahit kembali (repair)  atau dibuang (menisektomi) sehingga dapat menghilangkan keluhan pasien.

MEMBANTU TINDAKAN PADA PATAH TULANG YANG MENGENAI PERMUKAAN SENDI

Pada beberapa kasus patah tulang yang mengenai permukaan sendi, artroskopi dapat membantu untuk melihat secara langsung permukaan sendi yang terkena dan membantu untuk membuat permukaan sendi menjadi simetris kembali.

Image

About these ads

43 responses to “Mengenai Artroskopi (operasi teropong sendi)

  1. dok mau konsultasi kalau siku lengan kiri meleset sehingga tangan tak bisa menekuk apa harus dioperasi dok ?

    • Sendi siku yang meleset, bisa merupakan suatu lepas sendi (dislokasi), namun perlu dikonfirmasi dengan foto Roengent dan perlu dilihat juga apakah disertai dengan patah tulang atau tidak. Lepas sendi (dislokasi) yang masih baru (kurang dari 2 minggu), masih dapat dilakukan reposisi tertutup dengan pembiusan umum. Bila sudah lama, maka perlu operasi untuk mengembalikan posisi sendi (reposisi terbuka/dengan operasi). Bila disertai dengan patah tulang, maka patah tulangnya perlu dioperasi. Terima kasih.

  2. Dokter Harjanto, biaya untuk artroskopi lutut berapa ya? Kalo RS di Riau, sudah memiliki teknologi ini belum ya, dok? Karena saya domisili di Riau, dok. Kalo belum ada, RS mitra depok sudah bisa melakukan tindakan ini belum ya, dok?

    • Ada beberapa jenis tindakan artroskopi lutut, tergantung dari jenis kelainan yang diderita pasien. Jenis tindakan bisa berupa tindakan ringan hanya pembersihan tulang rawan lutut atau bantalan lutut yang robek, sampai pada tindakan penggantian atau rekonstruksi urat/ligament lutut seperti rekonstruksi ACL atau PCL, atau juga penggantian bantalan sendi lutut (meniscus). Kami sudah dapat melakukan artroskopi lutut di RS Mitra Keluarga Depok (juga di Mitra Beluarga Bekasi Barat) karena alat artroskopi telah kami miliki. Untuk di Riau, saya tidak memiliki informasi. Untuk jelasnya mengenai biaya operasi, Anda dapat menghubungi Customer service RS Mitra Keluarga DEpok atau Bekasi Barat. Terima kasih.

  3. Dokter saya kejambretan shg 3jari saya dijahit di ugd, lalu 2 minggu setelah ganti perban dan buka jahitan jari tdk bs gerak sehingga jari tengah saya dioperasi kata dr putus tendonnya… Ini 2 minggu setelah operasi, jari tengah bengkok dan 2 jari lainnya yaitu telunjuk dan jari manis tdk bs digerakkan.. Jd selanjutnya saya hrs bagaimana ini?

    • Kasus cidera tangan bukanlah kasus mudah. Sebaiknya ditangani oleh dokter spesialis ortopedi. Kondisi jari jari harus dievaluasi ulang apakah ada putus tendon juga pada jari yang lain. Jari tengah juga dievaluasi kemungkinan kaku sendi yang dapat ditangani dengan fisioterapi.

  4. Hai dok..
    saya pernah jatuh pas main futsal sekitar 10 bln yg lalu. saya jatuh dgn posisi tidak sempurna sehingga menyebabkan siku tangan kiri saya dislokasi. saya sudah berobat ke dukun patah namun hanya bisa menekuk 45 derajat saja. setelah dirongent trnyata sendi saya blum diposisinya secara sempurna. Kira-kira bisa tidak dok siku saya kembali menekuk seperti normal lagi, penyembuhannya berapa lama dan biayanya kira-kira berapa ya dok?

    terima kasih sebelumnya dok….

    • Dari foto roengent harus dilihat sendi mana yang mengalami dislokasi (lepas sendi) serta apakah juga disertai dengan patah tulang. Dislokasi maupun patah tulang yang tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan gangguan gerak sendi sehingga menimbulkan gangguan fungsi atau kecacatan. Kasus-kasus neglected (dibiarkan) seperti ini masih bisa diperbaiki, tentunya melalui operasi, namun operasinya menjadi lebih sulit, kadang terjadi komplikasi dan hasilnya kadang tidak memuaskan dimana masih terdapat gangguan gerak/fungsi pasca operasi. Hal ini harus dimengerti betul oleh pasien. Kasus seperti ini banyak dijumpai, dimana pola pikir masyarakat harus diubah. Bila terjadi cidera pada anggota gerak, sebaiknya periksakan dulu ke dokter umum atau dokter spesialis ortopedi. Bila tak ada kelainan berarti, maka tidak masalah pasien berobat ke tukang urut atau pengobatan non-medis lain. Bila terdapat lepas sendi atau patah tulang, sebaiknya ditangani secara medis oleh tenaga medis yang profesional, dalam hal ini tentunya Dokter spesialis ortopedi. Perlu diketahui bahwa metode pengobatan patah tulang atau lepas sendi itu tidak selalu melalui jalan operasi, tapi juga bisa secara nnon-operatif. Operasi hanya dilakukan bila terdapat indikasi yang jelas. Saya sarankan langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi di RS terdekat.

  5. Dokter, umur saya 18 tahun, pernah mengalami cedera ketika main futsal sehingga sepertinya mengalami dislokasi sendi, lalu saya berobat urut, kemudian tidak ada keluhan namun ketika main futsal lagi cedera saya bisa dipastikan kambuh (traumatik) jika tidak memakai knee supporter, itu gimana penanganannya ya dok? perlu operasikah?

    • Cidera sendi lutut akibat olahraga sering mengakibatkan patah tulang, lepas sendi atau robekan/putusnya urat/ligament lutut. Yang tersering adalah robekan pada bantalan sendi atau putusnya ligamen/pengikat sendi. Lebih baik diperiksakan dulu ke dokter ortopedi sebelum anda berolahraga lebih lanjut untuk mencegah kerusakan sendi.

  6. selamat sore dok, saya mau tanya dok, saya menderita dislokasi sendi bahu sdh 8 tahun, itu terjadi karena waktu saya latihan militer tangan saya kelipat tpi tidak dapat penangan, saya taunya mengalami dislokasi setelah di ronsen, trus dislokasinya juga sering kambuh klu waktu tidur mau balik badan, saya jg sudah pernah konsultasi ke dokter, saya di sarankan untuk operasi, yang mau saya tanyakan . bisakah tangan saya kembali normal setelah operasi dok?? mohon sarannya dok!! terima kasih

    • Tampaknya Anda telah mengalami dislokasi sendi bahu yang berulang akibat adanya robekan pada pengikat sendi. Untuk kasus seperti ini memang dianjurkan operasi untuk memperbaiki pengikat sendi yang robek. Pasca operasi tentu perlu program rehabilitasi untuk memperbaiki pergerakan sendi.

  7. Dokter, umur saya 42 th, awalnya tumit saya suka nyeri, apalagi kalau dibawa jalan. ini sudah lama sekali saya biarkan. Akhirnya saya ke dokter orthopedi, bulan agustus 2012 di injeksi pakai trilac. setelah itu saya merasa sembuh. Sampai terakhir awal april 2013 saya merasa sakit tapi pindah ke otot atas tumit (tendon) dan di suntik kembali. Tak lama setelah itu saya merasakan seperti tdk mampu berdiri bahkan berjalan. Otot saya dinyatakan sobek sebagian. dan terakhir otot tendon kaki kiri dinyatakan putus. Yang saya tanyakan bagaimana pengobatannya? Apakah perlu operasi dan bagaimana resikonya kalau operasi? Apakah sobeknya otot tendon tsb karena suntik anti radang? terima kasih

  8. Dokter, saya wanita umur 39 tahun. Di pangkal jari manis pernah diurut tapi malah tambah parah. Saya harus lebih sering gerakkan jari saya. Kalau diam sedikit ketika jari saya diluruskan maka rasa sakit luar biasa disertai dengan suara dari ruas jari dan pangkal jari. Itu bagaimana pengobatannya ya dok?

    • Nyeri sendi jari dapat disebabkan oleh berbagai hal, misanya rematik, pengapuran sendi, atau karena infeksi atau terjepitnya urat otot (tendon). Sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis ortopedi.

  9. Mau nanya Dok, istri saya jatuh/ terpeleset td malem dengan posisi kaki kiri melipat dan setelah dibawa ke tkg urut ketahuan kalau tempurung lutut kaki kiri bergeser ke arah luar dan sudah dikembalikan ke posisi semula dan diikat dgn decker. Sampai saat ini tidak ada bengkak, tp kalo digerakin untuk tekuk atau sebaliknya terasa sakit. Malam ini mau saya bawa ke dokter. Kira2 apa yg terjadi ya Dok sama lututnya dan apakah harus operasi?

    • Cidera lutut dapat mengakibatkan patah tulang, bergesernya sendi lutut, bergesernya tulang tempurung, robekan atau putus pengikat sendi maupun robeknya bantalan sendi. Saran saya , periksakan istri bapak ke dokter spesialis ortopedi agar dapat diketahui kelainan yang terjadi.

  10. Selamat sore Dokter.
    Saya berusia 59 th dengan keluhan tangan kanan sakit kalau digerakkan menjangkau di atas kepala. Juga berbunyi kletek-kletek.
    Bulan lalu saya ke dokter rehab medis.
    Dokter menyatakan sakit saya radang otot. mendapat intiidrol, celebrex, librax dan mucosta selama 2 minggu dengan dosis intidrol dikurang di minggu kedua. Minggu ke 3 mendapat arcoxia dan celebrex. Minggu ke 4 dinyatakan sudah baik diberi mucosta dan librax serta harus exercise 4 macam gerakan..
    Selama itu juga mendapat fisoterapi dan memang sudah jauh membaik. Dokter jg mengatakan kl yg bunyi itu krn pengapuran. Namun setelah 2 minggu kembali mulai kaku dan sakit. Mohon saran dokter mengenai sakit yang saya derita. Apakah sebaiknya saya kembali ke dr rehab medis atau kemana. Terima kasih.

    • Baiknya diperiksakan juga ke dr ortopedi terdekat ya

      • ulvi dwicahyani

        Dok umur sy 17 thn.sy hbs kcelkan mtor bln 8 2012 lalu.sdh keliling tkg urut ktax sy dislokasi tlang pnggul.sy cb prksa k dkter sdh d ct scan tp dkter blg sy tdk apa” hax trauma.brangsu” sy sdh bsa jaln tp sy rasa nyeri sx dan jalnx pncang.stlah bc artikel sy ssuai dgn cri dislokasi posterior.apa yg hrus sy lakukan?kalw oprasi bsa smbuh lg tdk?kira” biaya brp ?trima kasih

      • Nyeri panggul pasca kecelakaan bisa terjadi akibat lepas sendi/ dislokasi, akibat patah tulang, akibat robekan pengikat sendi atau akibat osteoartritis pasca trauma. Perlu dilihat foto x ray dan ct scan dulu ataupun pemeriksaan lain untuk menegakkan diagnosis.

  11. Slmt siang Dokter,
    Saya pria 29 thn mengalami kecelakaan motor 1 thn lalu. Saya sudah beberapa kali ke tukang urut dan sampai sekarng lutut saya msh sakit dan tidak bisa lurus seperti semula ketika berjalan. Apabila saya berdiri dengan lutut diluruskan sakit sekali dan sering ada bunyi2 gt kalau ditekuk. Tp dari hasil rontgen, tulang lutut saya tidak ada masalah kata doketer waktu itu.
    Ketika saya jatuh dari motor saat itu, lutut saya yg pertama kali menyentuh aspal.
    Apakah lutut saya msih bisa diobati Dok? dan jika ke RS Mitra Depok kira2 berapa biaya?

    • Bila hasil x ray biasa tak tampak lepas sendi atau patah tulang yang rmaka kelainan bisa terjadi pada bantalan sendi (meniscus) yang robek atau pada pengikat sendi (ligamen) seperti ACL (anterior cruciate ligament) yang putus. Perlu dilakukan pemeriksaan MRI pada lutut yang cidera. Bila terdapat robekan pada bantalan sendi dapat dijahit kembali atau dikikis saja. Bila terdapat putusnya ligamen seperti ACL maka dilakukan operasi rekonstruksi. Semua tindakan di atas dilakukan dengan metode artroskopi dengan sayatan kecil. Tindakan-tindakan ini dapat kami kerjakan di RS Mitra Keluarga, baik di Depok, Cibubur maupun Bekasi Barat tempat kami praktek.

      • Terima kasih banyak Dok atas penjelasannya. Mohon sekedar informasi, apabila dilakukan jahit or kikis dan atau rekonstruksi, apakah harus rawat inap dan berapa hari?
        Tks byk sebelumnya.

    • Harus diperiksa dan dilihat foto x ray nya terlebih dahulu. Bila perlu dilakukan pemeriksaan MRI.

  12. mau tanya untuk biaya rekontruksi acl sm dislokasi bahu itu brp ya dok d rs mitra

  13. Slamat pagi dok,
    3 minggu yang lalu sy kcelakaan sudah ke dr orthopedi karena hasil rogten tidak ada kelainan pada tulang maka disarankan untuk istirahat. Tapi sampai sekarang bengkak di lutut masih belum sembuh bahkan cairan masih keluar sedikit. Terakhir sy sudah dikasih pengantar untuk MRI, tapi karena kemarin saya tau biaya MRI agak mahal jd sy agak berfikir ulang. Yang mau saya tanyakan apakah jika saya menjalani operasi artroskopi tidak lagi perlu MRI? Ataukah tetap sebaliknya MRI mandatory harus dilakukan sebelum menjalani operasi artroskopi?
    Makasih dr.

    Salam Danang

  14. dok mau konsultasi,umur sy 30th sbulan lalu sya menglami kecelakaan kerja & stlh di MRI trnyta ACL pd PD fat sat menunjukan bentuk & signal intensity yg tdk baik,sgat mencurigkan tanda2 ACL tear dan dokter menyrankan utk operasi tp sy tdk mau.mhon solusi

    • Pada prang muda sebaiknya dierbaiki bila terdapat ruptur ACL. Putusnya ligamen lutut alan membuat lutut menjadi tidak stabil yang kemudian mengakibatkan kerusakan pada struktur dalaman lutut lainnya seperti kerusakan meniscus/bantalan lutut dan juga dapat mengakibatkan timbulnya penyakit pengapuran lutut/osteoartritis dini.

  15. Purwanto banu

    dok saya mau konsultasi tentang anak saya perempuan umur 16 bulan dengan jalan telapak kaki cenderung keluar,

  16. Malam dok, saya baru saya mengalami kecelakaan terpleset dikamar mandi dan tangan kanan hantam kusen pintu mengakibatkan ruas tulang metacarpal putus (jenis shaft fracture). Kejadiannya tgl 13 april 2014, tgl 14 nya lgs operasi pasang pen, tgl 26 juni operasi cabut pen. Hasil rontgen 26 juni,tulang kondisi menyatu sempurna. Namun sampai skrg jari kelingking saya tidak bisa menekuk sempurna walau sudah puluhan kali fisioterapi. Kira2 knp ya dok?

    • Bisa karena kekauan dari jaringan lunak sepeti pembungkus sendi atau otot2 kecil di sekitar tulang. Biasanya akibat imobilisasi lama. Bila sudah fisioterapi belum perbaikan maka mungkin perlu tindakan operasi untuk membebaskan sendi dari jaringan lunak yang sudah memendek.

  17. Selamat pagi Dok, saya mau tanya.
    Anak saya umur 15th cedera lutut, dari hasil MRI diketahui terjadi Meniscus Flip dan dianjurkan untuk diperasi. Yang ingin saya tanyakan apakah memang itu alternatif yg terbaik yg harus dilakukan? Kira-kira yg dilakukan apakah membalikan meniscus, atau dipotong, atau dihilangkan? Operasinya apakah dgn metode artroskopi juga? Untuk pembiusan apakah secara lokal? Jika meniscus dipotong atau dibuang apakah akan tumbuh lagi?
    Apa akibatnya jika meniscus tsb dibuang? Apakah masih bisa berjalan dgn normal?
    Maaf pertanyaan saya banyak, terima kasih sebelumnya.

    • Flipped meniscus adalah meniscus yang robek dimana sisi yang robek terjepit pada saat lutut bergerak sehingga menimbulkan nyeri. Bila kejadiannya masih baru maka dicoba untuk mengembalikan ke posisinya dan dijahit dengan alat khusus. Bila sudah lama atau tidak dapat dikembalikan lagi maka dilakukan menisektomy partial yaitu membuang sebagian dari meniscus di sisi tersebut. Hal ini tidak mengganggu karena masih ada sebagian meniscus yang masih berfungsi. Meniscus sendiri tak dapat tumbuh kembali. Tindakan ini dilakukan dengan metode artroskopi.

  18. Pagi Dok, anak saya cidera lutut dan dinyatakan ada tulang yang patah di persendian dan urat/otot yg sobek, sudah dilakukan operasi, yang saya mau tanyakan apa yang harus dilakukan pasca operasi dan berapa lama waktu rata2 yang dibutuhkan untuk kembali bisa berjalan tanpa bantuan alat bantu (tongkat)? Terimakasih Dok

    • Cidera lutut yg bapak maksud adalah patah tulang pada lempeng pertumbuhan pada tulang tungkai bawah di dekat sendi lutut. Hal ini biasa terjadi akibat tarikan yang kuat dari ligament atau urat yang melekat di tulang tempurung. Cidera seperti ini biasa terjadi pada anak atau remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Setelah operasi maka pasien harus memakai tongkat/kruk untuk berjalan yg diperkirakan selama lebih kurang 2-3 bulan tergantung proses penyembuhan yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s